Puzzle tidak juntrung.......
![]() |
SUPER SQUARE ONE |
![]() |
SQUARE ONE |
Hampir semua menyarankan untuk menyelesaikan square 1 dulu sebelum menyelesaikan super square 1 walaupun saya malas mengerjakan square 1 tapi penasaran dengan super square 1. Akhirnya hasilnya adalah bingung ganda karena 2 layer tengah yang bisa tertukar2. Ternyata 2 layer tengah bisa dikerjakan terpisah dari layer atas dan bawah dengan hanya mengaplikasikan algoritma2 square1 pada layer yang bersangkutan. Walaupun demikian kadang ada efek samping seperti tertukarnya separuh bagian dari layer atas dan bawah.
Strategi yang umum dipakai adalah seperti mengerjakan square 1 dengan menjadikan kubus dahulu kemudian mengerjakan layer atas dan bawah dilanjutkan dengan mengerjakan layer tengah. Tidak seperti square 1 yang layer tengahnya terdiri dari 2 trapesium, super square 1 ini memiliki 2 inner layer masing2 terdiri dari 4 corner dan 4 edge.
Untuk pengerjaan square 1 dapat mengacu pada :
Untuk proses pengkotakan bisa menggunakan :

dengan tambahan notasi buatan sendiri untuk memudahkan mengingat.
0. cceeeeeeee : /(-2,-4)/(-1,-2)/(-3,-3)/ : /DIPI/SIDI/GIGI/
1. ceceeeeeee : /(2,-2)/(-3,-4)/(4,-3)/(-5,-4)/(6,-3)/ : /DADI/GIPI/PAGI/MIPI/NAGI/
2. ceeceeeeee : /(-4,-2)/(-1,4)/(-3,0)/ : /PIDI/SIPA/GIO/
3. ceeeceeeee : /(-4,0)/(5,4)/(2,-3)/(-5,-4)/(6,-3)/ : /PIO/MAPA/DAGI/MIPI/NAGI/
4. ceeeeceeee : /(2,2)/(0,-1)/(3,3)/ : /DADA/OSI/GAGA/
(dari : Jaap's Puzzle)
- kemudian mengumpulkan corner di layer yang benar atas dan bawah (intuitif)
- mengumpulkan edge di layer yang benar atas dan bawah
contoh : UB-DL : (1,0)/(-3,0)/(-1,-1)/(3,0)/(1,-2)/(-3,0)/(-1,-1)/(4,1)/(-1,0) : SAO/GIO/SISI/GAO/SADI/GIO/SISI/PASA/SIO
- melakukan permutasi corner atas dan bawah
contoh : UFL-UFR : / (3,-3) / (3,0) / (-3,0) / (0,3) / (-3,0) / : /GAGI/GAO/GIO/OGA/GIO/
UFL - UBR : / (3,3) / (3,0) / (3,3) / (3,0) / (3,3) / : /GAGA/GAO/GAGA/GAO/GAGA/
- melakukan permutasi edge atas dan bawah
contoh : UF-UR : / (-3,0) / (0,3) / (0,-3) / (0,3) / (2,0) / (0,2) / (-2,0) / (4,0) / (0,-2) / (0,2) / (-1,4) / (0,-3) / (0,3) : /GIO/OGA/OGI/OGA/DAO/ODA/DIO/PAO/ODI/ODA/SIPA/OGI/OGA
UL-UR : / (3,3) / (-1,0) / (2,-4) / (4,-2) / (0,-2) / (-4,2) / (1,-5) / (3,0) / (3,3) / (3,0) : /GAGA/SIO/DAPI/PADI/ODI/PIDA/SAMI/GAO/GAGA/GAO
- mengumpulkan corner di layer yang benar inner layer atas dan bawah (intuitif)
saat mengumpulkan corner dapat sekalian menempatkan 4 corner di posisi yang benar di salah satu inner layer. Tidak seperti layer atas dan bawah yang jelas posisinya, layer tengah untuk corner diketahui letaknya berdasarkan orientasi warna menyesuaikan dengan layer atas atau bawah. Sedangkan untuk edge dapat bertukar tempat atas dan bawah karena hanya memiliki satu warna.
- mengumpulkan edge di layer yang benar inner layer atas dan bawah (bisa dilakukan belakangan).
- melakukan permutasi corner inner layer (sama dengan outer layer tapi diterapkan pada inner layer saja)
- melakukan permutasi edge inner layer (sama dengan outer layer kadang sekalian dengan menempatkan edge atas bawah yang benar)
Untuk edge inner layer yang tertukar dapat diselesaikan dengan 3cycle UF-DF-UB : /(3,0)/(0,3)/(1,0)/(0,-1)/(0,1)/(-1,-3)/(-3,0)/ : /GAO/OGA/SAO/OSI/OSA/SIGI/GIO (sumber:speedsolving.com)
Di akhir penyelesaian kadang menemui kasus center tidak sewarna. Hal tersebut dapat diselesaikan dengan memutar 1 outer layer dan 1 inner layer dengan : (6,0)(6,0)/(6,0)(6,0)/(6,0)(6,0)/
Apabila antara outer layer dan inner layer saling terbalik dapat menggunakan : /(6,6)/(6,6)/
Untuk mengkotakkan bagian inner layer dapat menggunakan algo dari square 1 (diterapkan pada outer layer): / (6,0) / (6,0) / (6,0)
Untuk mengkotakkan sekaligus membalik inner layer (diterapkan pada outer layer) : / (6,0) / (0,6) / (-1,-5)
Metode di sini mungkin tidak cocok untuk speed tapi yang penting selesai dan bisa bergaya :D
Happy square oning.... SUPER.
Memang SSQ1 ini kan istilahnya SQ1 "with steroid" dan mewarisi semua algo di SQ1. Yang jadi masalah mungkin hanya 2 layer tengahnya dan lingkaran pusat, selain menambah permutasi juga membuat susah diputar kalo tidak pas alignmentnya. SQ1 yang dibagi 8 saja bentuknya sudah bermacam-macam apalagi dibagi 12 pada SQ2. Saya mungkin beruntung bisa mendapatkan SSQ1 karena merk sebelumnya perbandingan corner dan edgenya tidak pas dan menurut saya fatal sehingga tidak bisa dimainkan.
Pada Super Sq1, layer D= layer 1, kemudian atasnya layer 2, layer 3 dan layer U= layer 4.Mula2 kita solve layer 2 dan layer 3, disolve secara sq.1 tanpa middle layer.Kemudian kita solve layer 1 dan layer 4, secara sq.1lagi, dengan menganggap layer 2 dan layer 3 yang sdh solve tadi sebagai middle layernya.Untuk solve middle layer dan center(lingkaran) bisa kita terapkan algo. (R2 U2)3x
SELAMAT MENCOBA :)
Sumber : http://rubikku.ning.com/